All for Joomla All for Webmasters

Social Login

Remember me
Riau Tourism

Riau

riau

Pekanbaru adalah Ibu Kota dan Kota terbesar di Provinsi Riau. Daerah ini merupakan kota perdagangan dan jasa, termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Pekanbaru mempunyai satu bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II dan terminal bus antar kota dan antar provinsi Bandar Raya Payung Sekaki, serta dua pelabuhan di Sungai Siak, yaitu Pelita Pantai dan Sungai Duku. Saat ini Pekanbaru sedang berkembang pesat menjadi kota dagang yang multi-etnik, keberagaman ini telah menjadi modal sosial dalam mencapai kepentingan bersama untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatnya.

Pekanbaru sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata religi serta wisata sejarah semua ada di Pekanbaru, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan. Berikut destinasi wisata yang menarik yang ada Di Riau.

1. Sungai Kampar/Ombak Bono

ombak bono

Objek Wisata Sungai Kampar lokasinya berada di Desa Teluk Meranti, sebelah timur laut Pekanbaru Berselancar ternyata tidak hanya di pantai saja, di sungai juga bisa kok. Nah, untuk kamu yang hobi berselancar kamu harus cobain sensai berselancar di sungai Kampar.. Gelombang pasang surut (ombak) dikenal secara lokal sebagai “Bono”, yang bergegas dengan suara menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam. Surfing di sungai bisa naik setinggi 4 sampai 6 meter. Sungai dan tepi diberitakan dihuni oleh buaya dan ular. Sementara buaya sebagian besar ditemukan di hulu, adalah bijaksana untuk berhati-hati dari predator ini ketika berselancar di sungai. Namun, ular kebanyakan tidak beracun, seperti boa dan Piton.

2. Istana Siak

istana siak copy

Istana Siak Sri Indrapura merupakan sebuah istana peninggalan Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan terbesar di Riau. Lokasinya Istana Siak Sri Indrapura berada tak jauh dari Pusat Kota Pekanbaru. Istana Siak Sri Indrapura ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Pekanbaru paling menarik untuk dikunjungi. Wisata Edukasi layaknya Museum ini menyajikan aneka jenis benda peninggalan kerajaan dari peralatan, perhiasan, hingga patung perunggu Ratu Wilhelmina dan Patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari Batu Pualam dan Perhiasan berlian. Di lantai dasar anda dapat menikmati koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wihelmina dan patung Sultan Syahrir Hasyim I. Di lantai ini juga terdapat Gendang tua yang memiliki usia 200 tahun lebih. Sedangkan Lantai dua Istana dulunya merupakan kamar sultan dan kamar tamu, kamar-kamar tersebut sekarang dirubah menjadi tempat koleksi senjata pusaka sultan. Terdapat juga lukisan Napoleon Bonaparte yang didatangkan asli langsung dari Perancis.

3. Taman Nasional Teso Nilo

tesonilo

Taman Nasional Tesso Nilo adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Riau, Indonesia. Taman nasional ini diresmikan pada 19 Juli 2004 dan mempunyai luas sebesar 38.576 hektare. Kawasan yang masuk wilayah taman nasional ini adalah kawasan bekas Hak Pengusahaan Hutan (HPH) yang terletak di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu. Hingga kini di sekelilingnya masih terdapat kawasan HPH. Terdapat 360 jenis flora yang tergolong dalam 165 marga dan 57 suku, 107 jenis burung, 23 jenis mamalia, tiga jenis primata, 50 jenis ikan, 15 jenis reptilia dan 18 jenis amfibia di setiap hektare Taman Nasional Tesso Nilo. Tesso Nillo juga adalah salah satu sisa hutan dataran rendah yang menjadi tempat tinggal 60-80 ekor gajah dan merupakan kawasan konservasi gajah.

4. Candi Muara Takus

candi

Candi Muara Takus yaitu suatu situs candi Buddha yang terdapat di di desa Muara Takus, Riau. Candi Muara Takus ini dikelilingi oleh tembok yang memiliki ukuran 74 x 74 mtr. dimana tembok itu terbuat dari batu putih dengan tinggi temboknya ± 80 cm, diluar arealnya ada juga tembok tanah yangmemiliki ukuran 1, 5 x 1, 5 km., melingkari kompleks ini sampal ke tepi Sungai Kampar Kanan. Didalam kompleks ini ada banyak bangunan candi yang disebut Candi sulung/ tua, Mahligai Stupa, Candi Bungsu, serta Palangka.

5. Mesjid Agung Annur

mesjid agung annur

Masjid megah ini memadukan arsitektur gaya Melayu, Arab, Turki dan India. Masjid Agung An Nur disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Bangunan utamanya yang berukuran simetris 50 x 50 meter dengan sebuah kolam besar dan air mancur tepat di depannya membuat masjid ini mirip dengan Taj Mahal di India. Masjid terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau ini mampu menampung sebanyak 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An Nur memiliki 5 buah kubah dan empat menara. Pada malam hari, masjid tampak sangat cantik dengan cahaya lampu warna-warni yang memantul di kolamnya. Yang menarik adalah adanya fasilitas free WiFi di sini. Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Pada bulan ramadhan, kawasan masjid akan dijadikan lokasi ngabuburit dan dipenuhi pedagang makanan dan pakaian. Sambil menunggu waktu berbuka, Anda bisa belanja berbagai kuliner dan aksesoris seperti kopiah, tasbih, parfum dan masih banyak lagi.


Like Box

Flag Counter

Any Question?